Penulis : Chairul Falah | Editor dan Publsih : Chairul Falah

Slawi FM – Humor merupakan aset perusahaan yang sering dipandang sebelah mata. Padahal humor sebagai senjata rahasia untuk membangun hubungan antar personal, bahkan bisa berpengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan seseorang.

Demikian yang dikatakan Dekan FTIK UPS Tegal Agus Wibowo dalam talkshow spirit inspirasi pagi yang dipandu oleh Bung TW di Studio Radio Slawi FM pada, Rabu (17/1/2024) pagi.

Menurut Agus Wibowo humoris ini dapat memberikan suasana segar ditempat kerja, termasuk team work yang humoris. Jika memiliki team work yang humoris, otomatis membuat kerja lebih nyaman dan mencairkan suasana serta lebih mudah untuk berkolaborasi dan menghasilkan ide-ide kreatif.

“ Dengan kemistri atau kenyamanan apalagi jika kita memiliki jokes – jokes yang lucu bisa menghangatkan suasana. Bahkan di Amerika didalam beberapa buku dibahas bahwa para pemimpin itu biasanya dalam pidatonya mengeluarkan satu atau dua jokes. Karena jokes ini menjadi ukuran kecerdasan seseorang,” ujar Agus.

Meskipun humoris ini penting tapi beberapa orang pada level tertentu itu membutuhkan kewibawaan. Pada dasarnya memang humoris dan kewibawaan itu bertolak belakang. Orang yang berwibawa biasanya cenderung memiliki humoris yang sedikit. Padahal humoris yang berwibawa juga ada. Jika dipelajari dibeberapa buku terdapat humoris yang ditunjukan kepada orang berwibawa.

“ Walaupun orang yang memiliki kewibawaan jarang menyampaikan humor, tetapi seorang pemimpin yang humornya mengena pasti akan diperhatikan oleh anak buah atau karyawannya. Pemimpin tegas biasanya di dalam bekerja dan keras ketika karyawannya tidak menjalankan tupoksinya dan tidak sesuai pakem – pakemnya. Tapi disaat santai pemimpin juga harus memiliki humoris,” jelas Agus.

Perlu diketahui, bahwa humor juga dapat mengatasi stres. Stres kronis dapat menyebabkan ketegangan otot, tekanan darah tinggi, dan penurunan kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa dapat mengendurkan otot, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. (CF)

 

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X