Penulis : Chairul Falah | Editor dan Publish : Chairul Falah

Slawi FM – Melahirkan adalah proses yang membutuhkan banyak persiapan. Persiapan melahirkan setidaknya dilakukan tiga minggu sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Persiapan yang matang akan membuat ibu menjadi lebih tenang dalam menjalani proses persalinan.

Demikian yang dikatakan oleh Dokter Umum Puskesmas Kaladawa Edi Saefudin dalam talkshow warta 10 yang dipandu oleh Aldo Herlambang di Studio Radio Slawi FM, pada Rabu (25/09/2024) pagi.

Menurut Dokter Edi, persiapan persalinan termasuk melakukan pemeriksaan rutin kehamilan. Karena pemeriksaan ini penting untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin serta  mendeteksi komplikasi atau masalah kehamilan sejak dini, termasuk riwayat penyakit ibu hamil.

“ Pemeriksaan saat kehamilan ini penting, utamanya mengetahui permasalahan kesehatan ibu sejak dini dan melakukan pencegahan. Dan alhamdulilah di Puskesmas Kaladawa awal Bulan Januari 2024 kemarin, kami sudah memiliki alat USG ibu hamil. Pemeriksaan USG yang wajib untuk ibu hamil yaitu pada trimester 1  dan trimester 3 kehamilan untuk memantau perkembangan janin,” tutur Dokter Edi.

Perlu diketahui, persalinan yang aman adalah persalinan normal, terkecuali terdapat permasalahan medis tertentu yang harus melahirkan secara caesar. Persalinan normal adalah proses persalinan yang melalui kejadian secara alami dengan adanya kontraksi rahim ibu yang dilalui dengan pembukaan untuk mengeluarkan bayi. Persalinan normal bertujuan agar proses melahirkan berjalan bersih dan aman, sehingga angka kematian maupun kecacatan ibu dan bayi berkurang. Persalinan normal diindikasikan bagi semua wanita hamil karena merupakan proses fisiologis.

“ Persalinan yang aman itu normal. Tapi kalau memang ada alasan medis tertentu, maka harus melalui persalinan caesar. Faktor ibu hamil harus melalui persalinan caesar diantaranya karena berdampak pada nyawa ibu dan bayi, keadaan janin yang tidak normal, kondisi kesehatan ibu, hambatan persalinan, masalah tali plasenta dan masalah lainnya,” jelas Dokter Edi.

Diakhir talkshow, Dokter Edi menghimbau kepada seluruh ibu hamil agar melakukan pemeriksaan kehamilan atau Antenatal Care (ANC) yang dilakukan selama kehamilan, 1 kali pada trimester pertama, 2 kali pada trimester kedua, dan 3 kali pada trimester ketiga, yang bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan fisik dan mental ibu hamil agar proses persalinan aman dan lancar serta kondisi ibu dan bayinya sehat. (CF)

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X