Penulis : Chairul Falah | Editor dan Publish : Chairul Falah

Slawi FM – Bakat merupakan sesuatu yang penting bagi seseorang yang harus dikembangkan. Karena hakikatnya semua orang memiliki bakat sejak lahir yang perlu dikembangkan dengan pola kebiasaan atau dilakukan secara terus – menerus sehingga bakat tersebut akan mencapai puncaknya.

Demikian yang dikatakan oleh Dekan FTIK UPS Tegal Agus Wibowo dalam talkshow SPS yang dipandu oleh Bung TW di Studio Radio Slawi FM pada Rabu, (16/10/2024) pagi.

Menurut Agus, bakat ini memiliki 8 jenis untuk pengembangan diri seseorang diantaranya kecerdasan bahasa, kecerdasan spasial atau visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logika matematik dan kecerdasan spiritual.

“ Mengembangkan bakat utamanya passion atau kesukaan pada bidang tersebut. Orang yang terpaksa juga bisa mengerjakan namun memang ada rasa yang biasanya menggunakan teori Power by Kepepet (kekuatan saat terdesak). Contohnya meskipun lompatan kita tidak terlalu jauh, tapi klw memang diharuskan atau dipaksakan biasanya lompatannya juga akan jauh yang memang harus memiliki alasan tertentu dan jelas,” tutur Agus.

Adapun kecerdasan kinestetik adalah kemampuan individu untuk memahami dan mengekspresikan diri melalui gerakan tubuh. Mereka yang memiliki kecerdasan kinestetik mampu menyelaraskan aktivitas fisik dengan pikiran, memiliki koordinasi motorik yang baik, serta cenderung mengekspresikan dirinya melalui gerakan tubuh, baik dengan berolahraga, menari, atau aktivitas fisik lainnya.

“ Biasanya anak – anak yang memiliki bakat kinestetik kelihatan seperti suka dengan kegiatan merapikan sesuatu atau mengotak – atik mainan dan juga anak yang suka menendang bola nanti bisa dikutkan kursus sepak bola serta olahraga badminton dll. Selain kecerdasan kinestetik, ada delapan jenis kecerdasan majemuk lainnya yang mungkin mencerminkan diri kita,” jelas Agus. (CF)

 

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X