Penulis : Chairul Falah | Editor dan Publish : Chairul Falah

Slawi FM – Kesehatan gigi dan mulut merupakan upaya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit mulut, seperti gigi berlubang, sisa akar, sariawan dan kelainan periodontal. Ada 4 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu rutin sikat gigi 2 kali sehari, makan sayur – sayuran dan buah – buahan, minum air putih  8 gelas sehari, dan rutin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Demikian yang dikatakan oleh Dokter Gigi Puskesmas Bojong Laras Roro Ningtias dalam talkshow Warta 10 yang dipandu oleh Aldo Herlambang di Studio Radio Slawi FM, pada Rabu (11/09/2024) pagi.

Menurut Dokter Laras, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari pagi setelah makan dan malam sebelum tidur, menyikat gigi sebaiknya jangan terburu-buru. waktu yang dibutuhkan sekitar dua menit untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Sikatlah gigi dengan lembut dengan gerakan melingkar bolak-balik untuk menghilangkan plak.

“ Menyikat gigi yang baik memang  setelah makan dan sebelum tidur, tujuannya untuk membersihkan sisa – sisa makanan yang telah kita makan agar tidak berdamplak ngeplak pada gigi. Jika plak di gigi  tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan gingivitis (penyakit gusi dini),” tutur Dokter Laras.

Gigi merupakan komponen terkuat pada manusia yang berfungsi memotong dan menghancurkan makanan, sehingga lebih mudah ditelan. Rusaknya gigi memerlukan waktu yang cukup lama bahkan bertahun – tahun. Karena terdapat asam bakteri yang menggerogoti gigi yang tidak dirawat dengan baik, apalagi banyak makanan dan minuman yang masuk di gigi seperti minuman bersoda yang mengandung asam yang tinggi, kopi, teh dan makanan yang manis – manis yang berdampak pada kerusakan gigi.

“ Misalkan kita menderita sakit gigi, otomatis ketika gigi mengunyah tentunya tidak maksimal dan makanan hasil kunyahan tersebut tidak maksimal kemudian masuk ke pencernaan yang mengakibatkan terganggunya pencernaan kita,” jelas Dokter Laras.

Adapun teknik menyikat gigi yang baik dan benar untuk dewasa menggunakan metode bass yaitu sikat gigi ditempatkan pada sudut 45 derajat antara gigi dan gusi. Selanjutnya, gerakan menyeret secara horizontal dilakukan ke arah ujung luar gigi. Hal yang sama juga diulangi pada lengkung atas dan bawah serta jangan lupa untuk menyikat lidah, karena 75 persen bakteri tempatnya di lidah.

Diakhir talkshow, Dokter Laras menghimbau kepada orang tua agar bisa mengajarkan kepada anak bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar serta cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut terutama anak usia dini. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan mulut anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, terutama anak- anak yang masih balita maupun anak usia dini. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi tetap si anak. (CF)

 

Written by:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X